-->

Macam – Macam Agama di Indonesia beserta Tempat Ibadah dan Kitabnya

Macam – Macam Agama di Indonesia beserta Tempat Ibadah dan Kitabnya

Ok teman – teman disini saya akan menuliskan 6 macam Agama yang ada di indonesia serta tempat ibadahnya dan kitanya juga,
langsung aja kita mulai ya teman – teman..
Negara Indonesia secara resmi mengakui ada 6 agama di Indonesia. Nah, bagi yang penasaran apa saja agama yang diakui secara resmi di Indonesia, berikut ini adalah daftar agama di indonesia dan tempat ibadahnya
  1. Agama Islam
Agama islam termasuk salah satu agama besar di dunia dan merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar di Indonesia. Berdasarkan pada hasil sensus tahun 2010, 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam.
1
Tempat ibadah bagi penganut agama Islam adalah Masjid. Setiap harinya mereka menjalankan sholat wajib sebanyak 5 kali di Masjid.
1
Kitab suci Agama Islam adalah “Al-Qur’an“. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, AL Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.
  1. Agama Kristen Protestan
Agama Kristen juga merupakan agama yang besar dan memiliki jumlah pemeluk yang berjumlah besar di dunia. Di Indonesia sendiri, menurut hasil sensus 2010, jumlah pemeluk agama Kristen di Indonesia mencapai 6,96% dari 237.641.326 jumlah penduduk.
2
Tempat ibadah bagi pemeluk agama Kristen Protestan adalah Gereja.
220px-Alkitab
Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).
  1. Agama Katolik
Jumlah pemeluk agama Katolik di Indonesia berdasar hasil sensus tahun 2010 mencapai 2,9% dari 237.641.326 jumlah penduduk.
3
Tempat ibadah bagi pemeluk agama Katolik adalah Gereja,Kapel.
ALKITAB
Kitab suci Agama Katolik adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab). Sama seperti Kristen Protestan tetapi pada Alkitab Katolik terdapat kitab tambahan. Alkitab Katolik biasa disebut Alkitab Deuterokanonika.
  1. Agama Hindu
Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 1,69% dari 237.641.326 jumlah penduduk.
4
Tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu adalah Pura.
Veda
Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.
  1. Agama Buddha
Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 0,72% dari 237.641.326 jumlah penduduk.
5
Tempat ibadah bagi pemeluk agama Buddha adalah Vihara.
jf_tanjur_1
Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.
  1. Agama Kong Hu Cu
Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 0,05% dari 237.641.326 jumlah penduduk.
6
Tempat ibadah bagi pemeluk agama Kong Hu Cu adalah Litang / Klenteng.
Kitab suci Agama Kong Hu Cu dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :
shi jing
Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).

Semoga bermanfaat bagi kita semua ya teman – teman..

terima kasih sudah mengunjungi Blog ini.. Jangan lupa share ya keteman – teman yang lain supaya mereka tau apa yang teman – teman tau..Ok….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam – Macam Agama di Indonesia beserta Tempat Ibadah dan Kitabnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel